5 PERAN PENTING PENDIDIKAN ANTIKORUPSI

 

Pendidikan adalah suatu hal yang harus dilakukan sesorang agar ia bisa menjadi orang yang bisa bersosialsasi dan bermanfaat bagi orang lain. Karena pendidikan juga, seseorang menjadi tahu yang mana yang benar dan yang salah. Agar seseorang memahami apa itu korupsi dan bagaimana memeranginya diperlukan pendidikan antikorupsi karena memiliki 5 peran penting, yaitu:

(sumber gambar https://cerdaskanbangsa.files.wordpress.com/2014/12/13962931681437803557.jpg)

1)Membentuk karakter disiplin dan jujur

Pembentukan karakter adalah salah satu fungsi pendidikan. Dengan pendidikan antikorupsi diharapkan murid memiliki watak antikorupsi di segala bidang dan di manapun berada. Pendidikan Antikorupsi ini sendiri dapat membentuk rasa jujur yang sangat mendalam dan disiplin yang tinggi karena pendidikan ini berdasarkan Pancasila yang sila-silanya mengandung kebaikan dan dijadikan pandangan hidup.

 

2) Membentuk kepribadian yang taat hukum dan Pancasila

(sumber gambar: http://www.sorotnews.com/berita/img/pengamat-hukum-dia-itu.3248.jpg diunduh pada tanggal 13 Nov 2015)
Murid diharapkan mampu taat hukum dengan mempelajari dasar-dasar ilmu hukum di Indonesia berdasarkan Pancasila. Sehingga tidak ada alasan lagi tidak mengenal hukum, tidak tahu hukum, dan tidak paham hukum karena negara ini adalah negara hukum sehingga rakyat harus tahu hukum, mengenal hukum, dan paham hukum berdasarkan Pancasila.
3)Membentuk karakter yang peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar

(http://cikalnews.com/static/data/berita/foto/besar/84731892077lingkungan-hidup.jpg diunduh pada tanggal 13 Nov 2015)

Dengan pendidikan ini diharapkan murid dapat peduli terhadap sesama dan menjaga kelestarian lingkungan karena inti dari pendidikan antikorupsi adalah mengakkan kemanusiaan yang adil dan beradab. Dengan menegakkan sila kedua ini, murid akan menjadi manusia yang adil dan beradab termasuk kepada lingkungan dan sesama
Membentuk karakter yang pandai bersyukur

4)Memasukan sila Pertama Pancasila dalam pendidikan antikorupsi membentuk murid menjadi lebih taat hukum, sadar dan peduli terhadap lingkungan, dan membentuk murid menjaga hubungan antara dirinya dan Tuhan. Sehingga korupsi pun dapat dicegah.

(https://kepakgaruda.files.wordpress.com/2009/05/garuda01-1152×864.jpg diunduh pada tanggal 13 November 2015)

 

5)Mengembalikan marwah Indonesia sebagai negara yang menganut Pancasila
Dengan pendidikan antikorupsi diharapkan Pancasila menjadi tegak, dan dibanggakan oleh rakyat sendiri maupun warga asing sehingga marwah, citra, dan kedudukan Indonesia jaya kembali seperti pada saat Nusantara dipimpin oleh Gadjah Mada.

Pada dasarnya pendidikan antikorupsi yang penting adalah pengembangan rakyat agar tidak korupsi di segala bidang dan menumbuhkan rasa antikorupsi

Leave a Reply

Your email address will not be published.