SALAH SATU CARA AGAR $1 = Rp.5000,00

 

Dollar adalah sebuah mata uang yang digunakan untuk melakukan transaksi dalam perdagangan internasional. Siapa yang mengira saat ini ternyata pertukaran mata uang rupiah terhadap dollar kian memburuk. Beberapa saat lalu pertukaran uang rupiah terhadap dollar mencapai $1 = Rp15.000. Ini adalah sebuah hal yang sangat buruk bagi industri dalam negeri karena  hampir mayoritas bahan baku yang digunakan untuk industri dalam negeri masih berasal dari luar negeri dan harus membayar bahan baku tersebut menggunakan dollar. Namun tahu kah kamu kalau ternyata masih ada potensi yang besar agar $1= Rp5.000,00 ? ini dia analisis saya

(sumber gambar: http://en.dailypakistan.com.pk/wp-content/uploads/2015/04/dollar1.jpg diunduh pada tanggal 19 November 2015)

Melihat tambang Freeport di Irian, sesungguhnya ini adalah potensi terbesar yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Tambang Freeport adalah tambang yang berisikan emas, uranium, tembaga, dan bahan-bahan berharga lainnya. Di Tambang Freeport pula ternyata tersimpan banyak potensi yang belum diketahui keberadaannya.

Emas Freeport diperkirakan total beratnya adalah 23.000.000 Ounce. Yangmana apabila dengan total seberat ini dijadikan sebagai cadangan emas oleh Bank Indonesia bisa memperkuat penukaran nilai rupiah terhadap dollar yaitu sebesar $1= Rp5.000,00. Hal ini sayangnya tidak bisa dinikmati negara kita karena Freeport hanya membayar royalti kepada negara ini sebesar 1% saja padahal tambang itu berada di Indonesia sungguh sangat memprihatinkan. Angka ini sangatlah tidak seimbang dibandingkan dengan pembagian yang didapat oleh pihak asing.

Pembagian yang tidak adil antara Indonesia terhadap negara pengelola karena adanya pejabat-pejabat Indonesia yang mudah dirayu dan disogok oleh pihak asing. Hal ini tidak akan pernah terjadi seandainya pejabat-pejabat tersebut memiliki mental Pancasila karena di dalam sila-sila Pancasila terkadung sila-sila yang sangat pantas dijadikan untuk pandangan  hidup bangsa. Pejabat yang tersangkut dugaan korupsi ini anatra lain adalah Gubernur Papua sebagai pejabat yang tertinggi untuk mengelola emas negara ini.

lukas

(sumber gambar: http://www.pejabatpublik.com/wp/lukas-enembe-smelter-freeport-dan-dugaan-korupsi/ diunduh pada tanggal 19 November 2015)

 

Adanya potensi emas Indonesia yang amat begitu besar sudah seharusna bisa dikelola dengan baik karena bisa meningkatkan nilai tukar rupiah dan menaikkan derajat harga diri Bangsa dan Negara Indonesia. Pejabat-pejabat yang seharusnya amanah haruslah bisa menjaga kepercayaan masyarakat kepadanya, jangan sampai mengecewakan negara ini.

 

daftar pustaka:

1) http://bisnis.liputan6.com/read/2344916/emas-freeport-bisa-bawa-rupiah-menguat-ke-5000-per-dolar-as diunduh pada tanggal 19 November 2015

2) http://nasional.inilah.com/read/detail/2220029/pt-freeport-terseret-korupsi-bekas-gubernur-papua diunduh pada tanggal 19 November 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published.